Minggu, 04 September 2016

LUMBUNG ILMU

Kampung Babakan Limbangan adalah salah satu kampung yang berada di wilayah Desa Sukaraja Kabupaten Sukabumi.kampung dengan nuansa persawahan yang berlatar belakang pemandangan lepas kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dengan mayoritas penduduk yang sebagian besar adalah petani,hampir setahun ini telah berdiri sebuah taman baca untuk masyarakat "TBM LUMBUNG ILMU".

Taman baca lumbung ilmu berdiri dengan tujuan untuk memfasilitasi kegiatan membaca untuk warga masyarakat sekitar khusus nya anak-anak usia sekolah supaya lebih meningkat kan serta mengangkat lagi budaya membaca buku.

Dengan tersedia nya varian aneka macam jenis buku bacaan yang bisa di akses kapan saja oleh semua kalangan masyarakat ini tentu sangat berperan penting dalam membantu proses kemajuan pendidikan anak-anak yang selama ini mungkin kurang atau kesusahan dalam mengakses berbagai macam jenis buku bacaan.


Pengelolaan taman baca ini di lakukan secara mandiri dengan memanfaat kan jaringan semua unsur dan kalangan komunitas terutama para penggiat literasi dalam dan luar kota.


Semua buku yang tersedia 100% hasil donasi dari para penggiat literasi yang konsen dalam pengembangan taman atau rumah baca untuk masyarakat.
Selain untuk melayani warga masyarakat sekitar,Taman Baca Lumbung Ilmu juga selama ini di percaya oleh semua rekan-rekan pengelola TBM rekanan untuk di jadikan Center tempat keluar masuk nya buku donasi serta bertugas juga untuk merotasi buku pada setiap rumah baca.

Salah satu program yang sudah di terapkan selama ini yaitu "Program Buku Box" yaitu salah satu program hasil kerja sama dengan salah satu Yayasan Literasi di Jakarta.

Sistem yang di terapkan dalam program ini yaitu melakukan rotasi atau pertukaran buku setiap tiga atau empat bulan sekali antar Tbm.dengan sistem ini di harapkan semua Tbm mempunyai kesempatan dan hak yang sama dalam mengelola dan mendapatkan buku yang sama.

Program rotasi ini menurut kami sangat lah efektif dilakukan mengingat buku bacaan yang hadir selalu dirasa baru oleh setiap pengunjung Tbm,karena semua buku selalu berputar per triwulan pada setiap Tbm.

Resiko rusak dan hilang buku lah yang di dapat pengelola atau pun para donatur dalam menerap kan sistem rotasi ini.ke telatenan serta kepedulian para pengelola sangat lah di tuntut dan berperan penting untuk meminimalisir resiko yang terjadi pada buku tersebut.

"Tapi menurut kami mungkin lebih baik kehilangan sebuah buku karena di baca dari pada kehilangan minat baca masyarakat nya itu sendiri".


TBM LUMBUNG ILMU


Alamat : 

Kp Babakan peuntas No 95 RT 03 RW 021 Desa/Kec Sukaraja Kab Sukabumi - Jawa barat Kode Pos 43192 


0 komentar:

Posting Komentar