Minggu, 04 Juni 2017

NGABUBU READ ala Scooteris dan para pegiat literasi sukabumi

Ngabuburit adalah tradisi mengisi waktu pada setiap bulan ramadhan,moment atau kegiatan menjelang sore yang sering di lakukan dalam menunggu tiba nya waktu untuk berbuka puasa.

Minggu 4/6/17,gabungan para pegiat literasi sukabumi yang tergabung dalam Forum Literasi Mitra Bhabinkamtibmas melakukan kegiatan membuka Lapak Baca Buku Gratis.

Yang berlokasi di jalan raya Desa Bencoy Kec Cirenghas Kab Sukabumi.

Kegiatan yang di pelopori langsung oleh Bhabin Kamtibmas Polsek Cirenghas Bpk Dikri Nur Hakim.

Kegiatan yang mengambil tema,
"Baca Buku GRATIS sambil menunggu berbuka puasa"
bareng MOCA (mobil dan motor baca) bhabin kamtibmas.

Ratusan buku bacaan tertata pada display dengan formasi bebas,yang bertujuan agar masyarakat lebih mudah melihat dan bebas memilih dengan leluasa,mereka bisa mengambil buku yang di suka untuk di baca langsung di tempat pada tenda yang telah di sediakan.

Karena display buku sampai saat ini masih sangat berperan penting dalam menarik dan merangsang minat baca khusus nya anak-anak.

Dalam kegiatan lapak baca kali ini,cuaca sedang tidak berpihak,menjelang sore hari hujan pun turun dengan deras,kondisi seperti itu memaksa buku harus di packing lebih awal dari jadwal yang sudah di perkirakan.karena di kuatir kan buku-buku akan rusak karena basah kehujanan.

Namun dalam kondisi cuaca seperti itu juga masih terlihat antusiasme anak-anak dalam membaca buku,kemauan membaca mereka terlihat masih sangat tinggi,terbukti mereka tetap semangat dan tetap bertahan membaca buku walau pun di sekitar lokasi sedang turun hujan.

Kegiatan yang bertujuan menumbuh kembangkan kembali minat baca pada masyarakat dengan memanfaat kan moment ngabuburit di bulan puasa ini,sekaligus pula menjadi ajang silaturahmi para penunggang Vespa yang selama ini konsen dalam pergerakan Literasi di sukabumi.

Serta turut hadir pula Ketua Umum IVI (Ikatan Vespa Indonesia) Bpk Juansyah serta ketua Ikatan Vespa Sukabumi Divisi Wetan Bpk Bheno.dan hadir pula beberapa rekan Volunteer Literasi Sukabumi.

Ajang ngabuburead sambil berkampanye meningkatkan kembali minat baca pada masyarakat ini sengaja melibat kan berbagai pihak yang kebetulan mempunyai misi kepedulian yang sama dari mulai kepolisian,komunitas serta para relawan dan sengaja mengambil lokasi di tengah-tengah masyarakat itu sendiri.

Karena kami ingin agar masyarakat luas senantiasa tahu kalau tugas menumbuh kembang kan budaya membaca itu bukan hanya tugas instansi terkait saja,tapi memang menjadi tugas semua pihak,ujar salah satu relawan Sabumi.

Selain membuka lapak baca mereka juga turut serta berpartisipasi menyediakan beberapa penganan takjil yang di bagikan langsung kepada para pengendara yang melintas serta kepada masyarakat sekitar yang tengah melaksanakan ibadah puasa.

Penulis :

Sabumi Volunteer (Relawan Satu Buku Untuk Masyarakat Sukabumi).

0 komentar:

Posting Komentar