Kamis, 13 Oktober 2016

Mengembangkan Rumah Baca Melalui Kerajinan Tangan

" Koran bekas bisa di olah menjadi sebuah karya yang bisa menghasilkan uang".

Sebuah kerajinan tangan berbahan baku koran bekas kini mulai di kembangkan oleh rekan-rekan Relawan serta pengurus Taman Baca Masyarakat Lumbung Ilmu Sukabumi.

Bermodal koran bekas,lem kayu,cat tembok mereka mulai berkreasi aneka macam kerjinan tangan,mininiatur sepeda motor sampai miniatur bangunan rumah pun mereka hasil kan.

Hasil kerajinan pertama sebuah miniatur bangunan kantor desa pesanan kepala desa sukaraja yang mereka buat minggu kemarin berhasil mengikuti pameran di salah satu kegiatan pemda kab sukabumi dalam acara menyambut hari jadi kabupaten sukabumi di Pelabuhan ratu.
Relawan yang tergabung dalam Komunitas Literasi Sukabumi kini bahu membahu saling mengisi berbagai macam kegiatan dan program untuk bisa di kembangkan di setiap rumah baca rekanan seluruh sukabumi.
Di harap kan kedepan nya semua pengelola bisa mengembangkan semua bakat serta keahlian masing-masing sesuai potensi yang ada di sekitar rumah baca bersangkutan.

Setiap rumah baca di wajib kan mengangkat dan mengembang kan potensi anak muda di lingkungan sekitar sesuai potensi yang di miliki masing-masing,kedepan nya saya berharap selain menjadi salah satu program rumah baca dengan pengembangan hasil kerajinan tangan yang bisa di jual dan menghasil kan uang yang nanti nya bisa di pergunakan untuk membantu biaya pengembangan rumah baca tersebut.

Selain Tbm Lumbung Ilmu dengan kerajinan limbah koran nya,Tbm Bamboe Biru pun lebih dulu telah mengembangkan seni kerajinan berbahan baku bambu,karena di sekitar Tbm Bamboe Biru tanaman bambu adalah tanaman utama yang di budidaya serta di hasil kan para petani dan warga masyarakat disana,berbagai macam olahan bambu seperti bilik untuk dinding rumah yang menjadi pusat mata pencaharian sebagian masyarakat sekitar desa tersebut,saat ini mulai mengembangkan aneka rak berbahan bambu dengan model dan harga bervariatif sesuai ukuran dan tingkat kesulitan proses pembikinan nya.


Sementara ini kerajinan bambu dan koran yang telah berhasil di angkat oleh kedua Taman Baca sebagai salah satu program pemberdayaan masyarakat sekitar melalui Rumah Baca sebagai sarana dan prasarana nya.
Di harap kan kedepan bukan hanya kedua rumah baca tersebut saja tapi semua rumah baca rekanan juga bisa mengembangkan potensi masing-masing sesuai potensi yang ada di wilayah yang bersangkutan sebagai salah satu program rumah baca untuk jangka panjang.

Selain menghasil kan uang dari hasil pengolahan limbah menjadi sebuah karya seni.mudah-mudahan secara tidak langsung kita juga sudah membantu menyelamat kan bumi dan lingkungan dari beban sampah koran yang sudah tidak terpakai.

0 komentar:

Posting Komentar