Jumat, 17 Februari 2017

MEMASYARAKAT KAN BUKU DI LINGKUNGAN PABRIK

Berawal dari hobby mengoleksi berbagai macam buku bacaan,serta di dorong dengan rasa keperihatinan terhadap rekan-rekan di lingkungan tempat kerja nya.

Riyanti (21) berusaha menyediakan serta menghadirkan berbagai macam buku bacaan untuk rekan-rekan kerja serta masyarakat di sekitar  lingkungan tempat tinggal atau (kost)an nya.

Riri panggilan akrab gadis asal banyumas jawa tengah dan sudah lama menetap di daerah sukabumi ini berusaha keras mengisi waktu senggang dia bersama rekan-rekan nya dengan kegiatan membaca buku.
Selain membuka perpustakaan mini di kamar kostan nya ia juga aktif membuka lapak baca setiap per 2 (dua) minggu di salah satu sekolah menengah tingkat atas di kota cicurug.
Untuk jadwal serta kegiatan nya itu masih menyesesuai kan dengan berbagai waktu kesibukan kerja serta kuliah nya nya."kadang buka lapak kadang kita libur ngelapak tergantung waktu senggang nya aja",ujar nya.

Terhitung sejak 28 oktober 2015,Riri bersama beberapa rekan nya  resmi mendirikan dan mengelola sebuah Taman Baca yang di beri nama "Rabbani",yang menurut Riri sendiri nama tersebut mengandung sebuah arti yaitu," Generasi yang sempurna dan baik."

Selain menjadi karyawati sebuah pabrik di daerah bojong kokosan parungkuda,ia juga sampai saat ini masih tercatat sebagai mahasiswi aktif sebuah perguruan tinggi swasta di kabupaten sukabumi.

Kini ia mulai melayani pinjaman buku kepada masyarakat sekitar terutama rekan-rekan tempat kerja nya.
Dengan kegiatan yang di lakukan selama ini,ia berharap kedepan nya rekan-rekan kostan nya bisa mengisi waktu senggang dengan berbagai hal positive terlebih bisa memanfaat kan buku bacaan yang ia sedia kan.
karena menurut ia,selama ini teman-teman nya lebih banyak mengisi waktu luang hanya dengan bermain gadget,yang menurut ia kurang begitu baik.

Menurut kami apa yg di lakukan Riri selama ini patut mendapat kan apresiasi,karena seorang Riri dengan kegigihan serta keyakinan kuat nya tetap berusaha dan berjuang keras memasyarakat kan kembali buku di lingkungan para buruh sebuah pabrik.
Menurut kami apa yang di lakukan seorang Riri adalah hal yang sungguh luar biasa dan tidak lah mudah di lakukan.
Terutama usia sasaran program nya itu bukan lagi para remaja yang baru beranjak atau para anak-anak pada umum nya,tapi para remaja yang mungkin sudah sulit menerima kembali tentang betapa penting nya dunia membaca buku.
Semua itu bukan suatu halangan atau pun hambatan bagi Riri untuk tetap berjuang mengangkat lagi minat baca di tengah -tengah buruh pabrik yang mungkin saat ini image negative sudah begitu melekat dan selalu tertuju pada mereka.
Terutama karyawati yang menjalani hari-hari nya selalu jauh dari pantau an keluarga serta orang-orang terdekat nya.

1 komentar:

  1. Bagus sekali, saya sangat mendukung. Maaf berarti ini dilingkungan Ci Curug dan sekitarnya saja yah?

    BalasHapus