Rabu, 24 Januari 2018

Gerakan Nusantara Terdidik, Membangun gerakan sosial pendidikan

"  Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat kamu gunakan untuk mengubah dunia. "  (Nelson Mandela)

Berawal dari rasa keperihatinan akan potret pendidikan yang terjadi di berbagai daerah, khusus nya di daerah pelosok Sukabumi.

Kumpulan para mahasiswa yang tengah menimba ilmu di berbagai perguruan tinggi di Kota Jakarta.
Mahasiswa asal Sukabumi yang tengah kuliah di UIN Jakarta dan UMJ, mulai menginisiasi sebuah gerakan untuk mendorong perbaikan sistem pendidikan di Sukabumi dan pemberdayaan generasi muda.

" Mengabdi, menginspirasi, menggerakan "

Adalah visi dan misi dari komunitas Gerakan Nusantara Terdidik.
Sebuah wadah yang senantiasa memfokus kan diri pada bidang sosial dan pendidikan.

Sejak berdiri nya komunitas ini pada tanggal 22 Februari 2017, telah banyak kegiatan yang telah mereka lakukan.
Salah satu program hebat yang telah mereka cetus kan bersama. Yaitu, program Gerakan Sukabumi Mengajar (GSM).

Saat ini kegiatan Gerakan Sukabumi Mengajar Batch 1, tengah berlangsung di Kecamatan Tegal Buled Kab Sukabumi.

Upacara pelepasan para Relawan Gerakan Sukabumi Mengajar (GSM) di lakukan langsung oleh ibu Reni Marlinawati anggota komisi X DPR RI bidang pendidikan, di gedung sasana tinju Gor Pelabuhan Ratu, Kab Sukabumi (13/1/18).

Terhitung sejak tanggal 14-27 Januari 2018, para relawan akan terbagi menjadi dua team, mereka akan mengabdi selama dua minggu, menjadi pengajar serentak di dua sekolah yang berbeda.

Lokasi pertama pengabdian di lakukan di sekolah MI Manukur dan lokasi yang ke dua yaitu di SDN Cirengrang Desa Rambay Kec Tegal Buled Kab Sukabumi.

Selain melakukan pengabdian dalam berbagai bidang di lokasi yang di kunjungi, para relawan di tuntut untuk turut ambil bagian langsung dalam kegiatan mengajar di sekolah yang mereka datangi, sekaligus membawa bantuan donasi berbagai alat keperluan penunjang kegiatan belajar para murid, seperti Atk, dll.

Menurut salah satu pendiri GNT. Ikin Sodikin, mahasiswa semester 8 di UIN Jakarta ini, di harap kan gerakan ini bisa menjadi satu upaya positif untuk kemajuan pendidikan di pelosok dan bisa menciptakan dampak berkelanjutan dari kehadiran pengajar di desa penempatan.
Sesuai visi dan misi Gerakan Nusantara Terdidik.

Di akhir obrolan Ikin Sodikin berharap gerakan nya bisa menjadi Inspirasi dan contoh untuk para komunitas serta generasi muda lain nya, agar sekecil apapun bisa ambil peran dan bagian untuk kemajuan pendidikan adik - adik di pelosok dan demi tercipta nya Generasi Cerdas Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar