Kamis, 21 September 2017

Festival Kampung Pangkalan 2017

Sebuah acara Festival berlangsung marathon sejak bulan Agustus hingga Oktober, di Kampung Pangkalan Desa Pada Asih Kec Cisaat Kab Sukabumi.

Festival Pangkalan 2017

Sebuah kegiatan acara atau program yang menitik beratkan pada penggalian dan pemanfaatan potensi lokal berbasis pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan ini banyak melibat kan dan di hadiri para seniman dan komunitas yang  berasal dari dalam dan luar Kota Sukabumi.

Bahkan seorang turis dari luar negri berkebangsaan Spayol pun pernah berkunjung dan hadir dalam acara ini.

Selama kegiatan berlangsung para seniman dan komunitas akan menjadi mentor bagi warga lokal khusus nya Kp Pangkalan dalam proses menumbuh kembangkan potensi-potensi lokal yang dapat di kembangkan, secara berkelanjutan.

Sejak bulan Agustus, setiap akhir pekan  berbagai kegiatan telah berhasil di suguhkan dalam acara Festival Pangkalan 2017 ini.

Seperti Sinema Rakyat sebuah kegiatan nonton film hasil para komunitas film Sukabumi. Klinik gitar. Workshop wayang Sukuraga bersama maestro seni asli kota Sukabumi, dengan ki dalang Fendi Sukuraga.

Workshop relawan TIK yang memakai tema internet manfaat internet sehat. Serta aksi donasi berbagai macam ATK dan buku bacaan, untuk kebutuhan pendidikan sebuah sekolah TK gratis yang berdiri di Kp Pangkalan.

Penampilan puisi karya warga masyarakat pun tidak ketinggalan turut di pentaskan dalam menyambut hari puisi.
Serta belajar membaca dan menulis musik bareng PSM Sinfonia Ummi yang di pimpin para Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Sukabumi.

Semua pertunjukan dan workshop tersebut melibatkan warga lokal Kp Pangkalan, yang bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat dalam jangka panjang.

Terutama di bidang seni dan budaya yang berada di sekitar kampung Pangkalan untuk bisa di kembang kan kembali sesuai potensi dan kemampuan yang di miliki masing - masing masyarakat terutama para pemuda dan anak-anak sebagai cikal bakal pewaris semua bentuk kesenian dan kebudayaan   agar tetap lestari untuk di waris kan ke anak cucu kita kelak.

Seperti di utarakan kedua orang hebat Den Aslam dan Dede Rizal selaku penggagas dan penanggung jawab semua kegiatan Festival Kp Pangkalan 2017 ini.

Semua rangkaian kegiatan ini, di harap kan bisa membawa perubahan pada masyarakat dan mampu berdampak langsung pada kesejahteraan warga masyarakat khusus daerah terisolir, seperti Kp pangkalan Desa Pada Asih tersebut. Dan, nanti nya bisa di jadikan program percontohan dan bisa di laksanakan di kampung lain nya.

0 komentar:

Posting Komentar