Jumat, 22 September 2017

Artist Residency 2017. Seniman mukim Festival Pangkalan.

Artist Residency 2017 atau seniman mukim. Para seniman dari berbagai kota akan mukim berturut - turut selama tiga hari dan berbaur bersama warga sekitar.

Peserta akan menetap dan bermukim di rumah warga serta melakukan aktivitas sehari - hari bersama warga lokal.

Selama bermukim para peserta akan di pandu oleh masyarakat lokal ke berbagai tempat unik dan ber potensi, yang di miliki dan tersimpan di sekitar Kp Pangkalan Desa Pada Asih Kec Cisaat Kab Sukabumi.

Hari Kamis (21/9/17) peserta Artist Residency 2017 mulai berdatangan ke Kota Sukabumi, mereka datang dari berbagai kota di seluruh Indonesia.

Para seniman yang berdatangan mulai berkumpul untuk melakukan registrasi ulang dan brifieng bersama para panitia sambil istirahat sejenak sampil menikmati pemandangan sore hari di objek wisata Gunung Sunda, salah satu objek wisata yang di miliki Kec Cisaat.

Sekitar pukul 19.30 para peserta di pandu langsung oleh panitia menuju ke titik pusat kegiatan utama.

Di gapura pintu masuk Kp Pangkalan yang tepat di sisi barat lereng Gunung Sunda, penampilan kesenian Dogdog lonjor, Karinding Karreta, serta letusan bunyi meriam bambu menjadi pertanda di mulai nya upacara penyambutan para peserta.

Upacara di lakukan oleh semua lapisan warga serta tokoh masyarakat setempat. Penerangan cahaya dari ratusan obor yang di pasang sepanjang jalan, menjadi penambah rasa sakral dalam ritual upacara penyambutan.

Ritual meminum air dari sumber mata air Kp Pangkalan tidak ketinggalan di lakukan, yang bertujuan agar para peserta di harap kan bisa betah  menyatu bersama alam dan lingkungan sekitar.

Upacara penyambutan di pimpin langsung oleh sesepuh tokoh Kp Pangkalan, Bapak H. Nurdin. Beserta tokoh masyarakat lain nya.

Pementasan beragam bentuk kesenian yang di tampil kan warga lokal pada sebuah panggung hiburan sederhana di halaman sebuah TK, menjadi pembuka sekaligus penutup acara penyambutan para peserta seniman mukim.

Para seniman yang berasal dari kota Jakarta, Bandung, Bekasi, Tanggerang, Jogjakarta dan seniman lokal Sukabumi, turut juga ambil bagian dalam kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 21 sampai  24 September 2017.

Selama tiga hari para seniman yang belatar belakang dan ber bidang seni berbeda ini akan melakukan observasi, pemetaan serta melakukan pengumpulan materi yang akan menjadi bahan karya mereka, sekaligus melakukan pembimbingan pada masyarakat lokal berdasar kan bidang seni masing-masing.

Para peserta  "Artists Residency 2017" akan menjadi mentor bagi warga lokal dalam proses menumbuh kembang kan potensi - potensi lokal yang dapat di kembang kan secara ber kesinambungan dan berdampak pada kehidupan masyarakat di kemudian hari.

Para seniman bidang Seni Rupa, Teater, Tari dan Media, mereka berkumpul akan mengolah dan berdiskusi tentang potensi budaya dan masyarakat yang nanti nya akan di tampil kan menjadi sebuah pentas seni dan pameran karya, yang melibat kan masyarakat lokal di puncak acara, pada akhir bulan Oktober mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar